motoline.id – Era motor injeksi para mekanik saat ini sudah lebih dimudahkan, karena berbeda dengan motor kovensional yang masih mengandalkan karburator sebagai pengabut bahan bakar.
Dengan adanya kode kerusakan yang bisa diakses langsung sehingga memudahkan dalam mencari kerusakan. Jadi mekanik akan lebih dimudahkan dalam melakukan perbaikan saat mengalami kerusakan.
“Melalui Mulfuction Indicator Lamp (MIL) yang ada di dasbord motor, mekanik sudah bisa menyimpulkan kerusakan yang ada di motor,”beber Siswoyo mekanik senior yang ada di Abadi Motor Ambarawa, Kabupaten Semarang.
Biasanya gangguan atau trouble yang muncul pada motor injeksi akan di teruskan ke ECU selaku otak dari motor. Selanjutnya ECU akan mengirimkan sinyal kerusakan melalui kedipan.
Baca juga : Aki-sepeda motor sering drop begini cara mencari penyebabnya
“Kita sebagai mekanik tinggal menghitung banyaknya kedipan yang muncul di lampu MIL nya, sehingga kita tidak usah mengecek semua komponen pada motor,”sambung pria ramah ini.
Ada dua macam kedipan yang akan dimunculkan di kode MIL pada motor Honda yaitu kedipan panjang dan kedipan pendek. Untuk kedipan panjang akan bernilai 10 sedangkan kedipan pendek nilainya 1.
Baca juga : Isi oli mesin Honda All New Beat jangan semua ini alasannya
“Misal dari lampu kode mil pada motor Honda berkedip panjang satu kali dan pendek dua kali berarti kode yang dimunculkan 12, tinggal kita cari di manual book 12 mengacu pada kerusakan komponen apa,”terang pria berkumis ini mantap.
Berikut kode kerusakan yang muncul di MIL
Honda
MIL BAGIAN YANG DIDETEKSI
HIDUP TERUS KEGAGALAN FUNGSI DATA LINK ATAU RANGKAIAN MIL
1,8,9 SEMUANYA BERKEDIP KEGAGALAN FUNGSI PADA RANGKAIAN DAYA / MASSA SENSOR UNIT
1 KEGAGALAN FUNGSI MAP SENSOR
8 KEGAGALAN FUNGSI TP SENSOR
9 KEGAGALAN FUNGSI IAT SENSOR
7 KEGAGALAN FUNGSI EOT SENSOR
33 KEGAGALAN FUNGSI ECM
54 KEGAGALAN FUNGSI BANK ANGLE SENSOR
Yamaha
D01 Throttle Position Sensor
D03 Tekanan Udara Intake
D05 Suhu Udara Intake
D08 Lean Angle Cut off Switch
D09 Voltage Fuel System (Voltage Battery)
D11 Suhu Mesin
D30 Ignition Coil
D36 Fuel Injector
D51 Electric Fan
D54 FID (Fast Idle Solenoid)
D60 Kode kerusakan E2PROM muncul.
D61 Kode Riwayat
Ketidak-fungsian muncul.
D62 Penghapusan Riwayat Ketidak-fungsian
D70 Angka Kontrol
Suzuki
41 Pompa Bahan Bakar
41 ISC Valve
Battery Tdk ada (Lampu indikator FI berkedip 3 kali)
12 CKP Sensor
13 IAP Sensor
14 TP Sensor
15 ET Sensor
21 IAT Sensor
23 TO Sensor
24 Ignition Signal
32 Fuel Injector
44 O2 Sensor