motolineid.com-Coba deh tanya nama Agus Klaten diantara penyuka kompetisi balap roda dua macam grasstrack maupun road race. Nama Agus Klaten lumayan ngetop. Ini karena setingan Agus sering membawa pembalap atau tracker raih podium.
Satu contohnya tracker asal Gunung Kidul, yakni Mamoo yang tergabung di team FBRT Solo. Merasakan banget hasil setingan Agus. Dan nyatanya dia bersama teamnya, beberapa kali raih podium grasstrack.
Agus mengelola bengkel bernama @gus Racing Tune Up. Bengkel itu berada di pelosok desa Jatipuro, Trucuk Klaten. Walau rada blusukan, namun lagi-lagi bengkel ini tak asing buat penyuka balap. Buktinya ketika motolineid.com mampir di sana ada beberapa motor grasstrack dan motor jenis SE yang dipakai buat berkompetisi di motocross. Ssst salahsatu motor SE itu milik crosser nasional M. Arjun.
“Saya rintis sekitar beberapa tahun silam. Sempat pula saya gabung dengan team balap besar di Jakarta. Itu Perjalanan hidup. Sekarang ordernya lebih kepada mengoprek mesin buat grasstrack, motocross. Ada sih order mesin road race juga. Dan itu masih saya terima,” aku Agus yang mengaku lulusan D3 PPKP Yogyakarta.
Singkatnya, bila melihat kondisi bengkelnya serta kelengkapan tool kit yang ada di bengkelnya, bisa dibayangkan soal kemampuan skill Agus ketika mengolah mesin. Di situ ada alat bubut, scanner buat seting injeksi yang tak asing di dunia balap seperti Aracer dan Rextor.
Tak hanya itu, lokasi bengkelnya yang di pelosok dan banyak lahan jalan sepi memudahkan buat menyeting langsung motor yang mau kompetisi, sebelum terjun di kompetisi. “Paling tidak motor sudah siap ketika kami datang di lintasan sebenarnya,” ujar Agus yakin.
Intinya tak salah bila bengkelnya ini menjadi rujukan bagi kamu yang akan membangun motor yang siap berkompetisi. Ngomong-ngomong berapa sih biaya mengoprek mesin motor buat balap. ternyata bermacam, tergantung kelas diamna motor itu mau gas pol.
Misalnya bebek standar untuk grasstrack dengan basic Yamaha Jupiter. Monggo siapkan saja mulai Rp 19 juta sampai Rp32 juta. Ancer-ancer biaya itu akan beda lagi bila mau gas pol di kelas bebek modifikasi. “Beda di karburator dan pengapian. Intinya sesuai regulasi saja. Biar enggak diprotes bila menang,” ungkap Agus.
Selain menyeting motor buat gas pol di garuk tanah, Agus juga menerima order buat servis atau tune up motor trabasan macam KLX150. Nah untuk detil biaya dan lainnya, japri langsung Agus deh, atau ditemui di bengkelnya…
dok, sumber : Agus Klaten, gOm67