motolineid.com – Konstruksi ban merupakan perangkat yang sederhana namun penting, telah menjadi bagian penting dari sepeda motor, mobil, dan berbagai kendaraan lainnya. Di balik kenyamanan dan kinerja ban, konstruksi dan material inovatif yang menciptakan produk yang tahan lama dan dapat diandalkan. Mari kita telaah lebih dalam mengenai konstruksi ban yang kita pakai di kendaraan kita.
1. Tread
Tread merupakan bagian terluar ban, yang sering disebut sebagai “Carcass ban,” adalah tulang punggung dari konstruksi ban. Ini adalah bagian yang langsung berhubungan dengan permukaan jalan dan menghasilkan tahanan gesek yang memindahkan gaya gerak dan gaya pengereman kendaraan ke permukaan jalan. Pola tread pada sepeda motor di antaranya:
2.Carcass (Cassing)
Carcass merupakan rangka ban yang keras, cukup kuat untuk menahan udara yang bertekanan tinggi, tetapi harus cukup fleksibel untuk meredam perubahan beban dan benturan. Carcass terdiri dari ply (layer) dari tire cord (lembaran anyaman paralel dari bahan yang kuat) yang direkatkan menjadi satu dengan karet. Cord pada ban sepeda motor biasanya terbuat dari polyester atau nylon.
3.Sidewall
Sidewall adalah lapisan karet yang menutup bagian samping ban dan melindungi carcass terhadap kerusakan dari luar. Sebagai bagian ban yang paling besar dan paling fleksibel, sidewall secara terus menerus melentur di bawah beban yang dipikulnya selama berjalan. Pada sidewall tercantum informasi tentang ban.
4.Bead
Untuk mencegah robeknya ban dari rim oleh karena berbagai gaya yang bekerja, sisi bebas atau bagian samping ply dikelilingi oleh kawat baja yang disebut kawat bead. Udara bertekanan di dalam ban mendorong bead keluar pada rim dan tertahan kuat disana. Bead dilindungi dari kerusakan karena gesekan dengan pelek dengan jalan memberinya lapisan karet keras yang disebut chafer strip.
Flipper | : | Pembungkus bead wire yang memiliki bentuk sedemikian rupa sehingga cocok dengan bentuk ban pada bead (Memakai karet pengisi bead yang berbentuk segitiga). |
Bead Toe | : | Bagian bead sebelah dalam. |
Bead Heel | : | Bagian bead yang kontak dengan pelek pada flens. |
Bead Base | : | Bagian bead yang datar, yang berada di antara bead toe dan bead heel. |
Chafer | : | Lapisan terluar yang membungkus bead untuk mencegah kerusakan karena gesekan dengan pelek. |
Bead Wire | : | Kawat baja yang mengandung kadar karbon tinggi menjamin pemasangan ban ke pelek. |