Macam Kopling Yang Biasa Dipakai Di Kendaraan Bermotor, Apa Saja?

motolineid.com – Macam kopling ada beberapa jenis yang biasa dipakai di kendaraan bermotor, dan pastinya semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebelum kita membahas macam kopling yang ada di kemdaraan bermotor, kita harus tahu terlebih dahulu fungsi dari kopling yang terdapat pada kendaraan.

Read More

Kopling berfungsi meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke transmisi (perseneling) ketika mulai atau pada saat mesin akan berhenti atau memindahkan gigi. Umumnya kopling yang digunakan pada sepeda motor adalah kopling tipe basah dengan plat ganda, artinya kopling dan komponen kopling lainnya terendam dalam minyak pelumas dan terdiri atas beberapa plat kopling

Macam-macam kopling diantaranya

KOPLING SENTRIFUGAL

Kopling otomatis adalah kopling yang cara kerjanya diatur oleh tinggi atau rendahnya putaran mesin itu sendiri, dimana pembebasan dilakukan secara otomatis, pada saat putaran rendah. Kedudukan kopling berada pada poros engkol/kruk as dan ada juga yang berkedudukan pada as primer persnelling/poros utama transmisi (main/input shaft transmisi) seperti halnya kopling mekanis.

Mekanisme atau peralatan kopling otomatis tidak berbeda dengan peralatan yang terdapat pada kopling mekanis, hanya tidak ada perlengkapan handel sebagai gantinya terdapat alat khusus yang bekerja secara otomatis

Kopling sentrifugal ada yang type kering dan basah, untuk yang type kering bisa kita temui pada kopling yang ada di motor matik. Sedangkan untuk kopling sentrifugal yang type basah biasa ditemui di motor bebek.

Macam Kopling
kopling sentrifugal type basah
Macam Kopling
kopling senrifugal type kering

KOPLING MANUAL

Kopling manual adalah kopling yang cara kerjanya diatur oleh handel kopling, dimana pembebasan dilakukan dengan cara menarik handel kopling pada batang kemudi. Kedudukan kopling ada yang terdapat pada crankshaft (poros engkol/kruk as) (misalnya: Honda S90Z, Vespa, Bajaj dan lain-lain) dan ada yang berkedudukan pada as primer (input/main shaft) (misalnya: Honda CB 100 dan CB 125, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki).

Sistem kopling mekanis terdiri atas bagian-bagian berikut yaitu a) mekanisme handel terdiri atas: handel, tali kopling (kabel kopling), tuas (batang) dan pen pendorong. b) mekanisme kopling terdiri atas : gigi primer kopling (driven gear), rumah (clutch housing), plat gesek (friction plate) plat kopling (plain plate), per (coil spring), pengikat (baut), kopling tengah (centre clutch), plat tutup atau plat penekan (pressure plate), klep penjamin dan batang penekan/pembebas (release rod).

Kopling manual pun juga ada yang type kering dan type basah, untuk kopling manual type kering biasa dipakai di mobil sedangkan untuk kopling manual type basah biasa ada di motor sport

kopling manual type basah
kopling manual type kering

Related posts