Merawat CVT Harus Rutin Dilakukan, Apa Saja?

motolineid.com – Merawat CVT memang salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemilik motor matik karena komponen ini merupakan komponen yang vital yang harus mendapatkan perhatian khusus. Servis CVT harus rutin dilakukan agar kinerja dari motor matik senantiasa terjaga baik.

Apa saja yang harusdirawat pada CVT motor matik, berikut penjelasannya mengenai perawatan komponen CVT pada motor matik yang harus kita lakukan

Read More

Memeriksa V-belt

Pada saat alat pemeriksa V- Belt diletakkan pada V- Belt , harus ada kelebihan dari V- Belt ( lebih dari 0 mm ) antara V- Belt bagian bawah dan bagian bawah alat pemeriksa V- Belt .

merawat cvt
pemeriksaan v belt

Pada kondisi normal sistim CVT kadang-kadang terjadi gesekan / slip pada permukaan V – Belt saat terjadi penambahan kecepatan / akselerasi, hal ini memungkinkan timbulnya noise / suara berdecit , Oleh karena itu pertama-tama periksa keausan dan permukaan singgung dari V- Belt, jika kondisi mamungkinkan untuk dipakai lagi, pergunakan ” V- Belt Cleaner ” larutan pembersih untuk menghilangkan suara berdecit / noise .

Memeriksa Roller

Periksa masing-masing roller terhadap keausan  dan tidak  normal menggunakan jangka sorong. Roller merupakan komponen yang berfungsi untuk mendorong movable drive pulley agar bisa bergerak. Jika kondisi roller sudah aus maka pergerakannya akan kasar dan menyebabkan pengendaraan tidak nyaman.

merawat cvt
pemeriksaan roller

Rutin Mengganti Oli Gearbox

Penggantian oli gear box wajib dilakukan setelah motor matik menempuh jarak kurang lebih 8000 km, tujuan dengan melakukan penggantian oli gearbox ini diharapkan kinerja gigi rasio yang ada di CVT bisa maksimal. Gigi rasio merupakan komponen pada CVT yang berfungsi untuk mereduksi putaran yang didistribusikan ke roda.

pemeriksaan oli gearbox

Memberi pelumasan untuk merawat CVT

Tidak semua komponen yang ada di CVT harus di lumasi dengan pelumas yang telah dianjurkan, ada beberapa komponen yang tidak bboleh di lumasi karena akan membuat slip seperti pada v belt.

Komponen yang tidak perlu pelumasan :

  1. V- Belt, Surface of primary sheave, Surface of secondary sheave.
  2. Clutch carrier, Clutch housing

Komponen yang perlu pelumasan :

  1. Collar inside primary sheave
  2. Guide pin pada secondary sheave .
  3. Bagian dalam starter wheel gear , starter idle gear, drive axle dari secondary sheave.

Related posts