Stasioner Motor Ngaco!, Jangan Sampai Keliru Setel

motolineid.com – Cara setel putaran stasioner motor perlu kita ketahui bersama, jangan sampai kita salah dalam melakukan setelan stasioner sehingga berakibat motor menjadi boros atau bahkan terlalu ngirit.

Sebelumnya perlu kita ketahui bersama apa itu setelan stasioner pada sepeda motor?, setelan stasioner adalah setelan dimana mesin motor menyala tanpa menarik gas dan motor tidak berjalan kedepan pada motor matik. Intinya setelan stasioner adalah setelan dimana putaran mesin sesuai dengan spesifikasi yang tertera di buku pedoman reparasi  (BPR).

Read More

Jika putarannya tidak sesuai dengan yang ada di buku pedoman reparasi sudah dipastikan motor tidak akan nyaman saat kita pakai berkendara. Untuk itu setelan stasioner yang pas menjadi hal yang sangat penting dalam rangka menunjang kenyamanan berkendara.

Untuk melakukan penyetelan stasioner tidak butuh alat yang terlalu banyak, hanya butuh obeng min dan tacho meter. Selanjutnya kita bisa melakukan penyetelan putaran stasioner pada sepeda motor secara mandiri.

“Untuk melakukan penyetelan putaran stasioner sebenarnya mudah, kita tinggal menghubungkan kabel tegangan tinggi busi ke tacho meter, selanjutnya baut idle srew kita putar sampai didapatkan putaran yang sesuai,”jelas awaludin instruktur di AMTC.

Pada motor karburator jika rasio bahan bakar yang masuk ke ruang bakar belum pas, maka perlu kita setel juga agar nanti rasio bahan bakar udara bisa pas.

Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk melakukan penyetelan putaran stasioner

  1. Setel gerak bebas handel gas dengan kelonggaran 3 – 7 mm
  2. Setel baut setelan angin / air screw sesuai spesifikasi
  3. Hidupkan mesin untuk pemanasan dan pasangkan engine tachometer
  4. Setel baut putaran langsam sedikit lebih tinggi dari spesifikasi (tambahkan 100 rpm)
  5. Putar baut setelan angin / air screw kedalam atau keluar ¼ hingga ½ dan dengarkan perubahan putaran mesin, jika tidak ada perubahan setel sesuai spesifikasi seperti pada langkah 2
  6. Setel putaran lngsang sesuai spesifikasi untuk motor bebek dan sport 1400100, sedagkan untuk motor matik putaran stasioner sekitar 1600 +/_ 100
  7. Dan terakhir, periks kembali putaran mesin dengan membuka gas secara perlahan-lahan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *