motoline.id – Brad Binder berusaha menghindari “kekacauan” di MotoGP Catalunya, tetapi ia sadar bahwa grip rendah di MotoGP Catalunya ini akan menimbulkan masalah. Binder, yang kini berada di posisi ketujuh klasemen MotoGP setelah lima putaran, berada di belakang rekan satu tim KTM-nya, Pedro Acosta.
Maverick Vinales dari Aprilia saat ini menjadi pembalap non-Ducati terbaik, status yang sebelumnya sering dinikmati Binder selama tahun lalu. Binder berharap bisa kembali ke performa terbaiknya di Catalunya.
“Di dua akhir pekan terakhir saya mengalami sedikit kekacauan. Saya hanya butuh akhir pekan yang bersih,” ujar Binder di Barcelona. “Akhir pekan normal, saya tahu hasilnya bisa bagus.”
Tantangan Grip Rendah di MotoGP Catalunya Barcelona
Grip rendah di MotoGP Catalunya Barcelona membuat Binder bersemangat, tetapi ia juga mengingatkan tentang bahayanya. “Sirkuit ini sangat licin, dan keausan ban sangat tinggi,” jelasnya. “Tahun lalu berjalan cukup baik, meski hasil di hari Minggu tidak sesuai harapan. Namun pada hari Sabtu, saya finis di posisi keempat dan kami cepat sepanjang akhir pekan.”
Binder mengungkapkan bahwa timnya tahu apa yang harus dilakukan dengan motor di trek yang licin. “Kami mengubah setting motor cukup signifikan. Kami memiliki gambaran tentang apa yang perlu dilakukan untuk memiliki akhir pekan yang baik di sini.”
Teknik Berkendara di Grip Rendah
Binder menjelaskan cara berkendara dengan grip rendah: “Ini setara dengan berkendara di kondisi basah. Motor nyaris tidak berfungsi, semuanya terasa sangat lambat. Anda harus lebih bersih. Jika Anda mulai berputar di tikungan panjang ini, Anda akan terus berputar. Sangat penting untuk mengikuti grip, terutama dengan throttle.”
Meskipun grip sangat rendah, Binder selalu menikmati balapan di sini. “Saya selalu menikmati balapan di sini, meskipun gripnya sangat rendah,” tambahnya.
Peran Pembalap di Sirkuit dengan Grip Rendah
Ketika ditanya apakah pembalap dapat membuat perbedaan di sirkuit yang mungkin membingungkan beberapa motor, Binder menjawab: “Grip tinggi atau rendah, selalu orang yang sama di depan. Anda harus cerdas di sini. Tidak mungkin Anda bisa melaju dengan kecepatan penuh dan menyelesaikan balapan karena ban tidak akan bertahan. Anda harus pintar dengan putaran ban belakang.”
Binder menekankan pentingnya menjaga ban agar tidak cepat aus. “Jangan rusak ban, dan kita akan baik-baik saja,” katanya dengan tegas.
Dengan persiapan dan strategi yang tepat, Brad Binder berharap bisa menghadapi tantangan grip rendah di Catalunya dan menghindari kekacauan yang bisa mengganggu penampilannya.