motoline.id – BMW Motorrad resmi merilis BMW R1300GS Adventure versi 2025. Motor petualang dari pabrikan Bavaria Jerman ini tidak hanya mendapatkan pembaruan fitur, tetapi juga perubahan desain yang signifikan. Desain baru ini membuatnya terlihat lebih gagah, lebih lebar, dan lebih jangkung. Salah satu yang paling menarik adalah penggunaan tangki super besar yang mampu menampung hingga 30 liter bahan bakar. Siap untuk diajak touring antar benua? Tentu saja!
Desain Baru yang Lebih Gagah
BMW R1300GS Adventure 2025 merupakan varian lain dari BMW R1300GS versi standar yang sudah dirilis setahun lalu. Namun, perbedaannya tidak hanya terletak pada kapasitas tangki yang lebih besar. BMW juga memberikan perubahan signifikan pada desain motor ini.
Tangki bahan bakar yang lebih besar menjadi salah satu perubahan utama. Jika R1300GS standar hanya memiliki kapasitas 19 liter, versi Adventure ini mampu menampung hingga 30 liter. Dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 20 km per liter, motor ini bisa menjelajah hingga 600 km dalam kondisi tangki penuh. Bayangkan, jarak ini setara dengan perjalanan dari Bandung ke Surabaya!
Selain itu, meski lampu depan masih sama, area foglamp berubah dari bulat menjadi kotak di bagian depan shroud. Bagian shroud, bodi belakang, hingga cover radiator juga dibuat berbeda, terlihat lebih tebal dan boxy dibandingkan dengan versi standar yang lebih ramping dan tajam. Tinggi joknya juga lebih tinggi, mencapai 890mm, sehingga mungkin pengendara dengan tinggi badan 165cm akan merasa jinjit.
Fitur Canggih dan Modern
BMW R1300GS Adventure 2025 dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Salah satunya adalah fitur Automatic Transmission atau Automated Shift Assistant (ASA) yang mengatur perpindahan gigi berdasarkan RPM, posisi bukaan gas, riding mode, dan lean angle. Transmission Control Unit (TCU) bekerjasama dengan ECU untuk mengatur fitur ini dengan menggunakan elektro-mekanik hidrolik aktuator.
Motor ini juga dilengkapi dengan semi-active suspension dengan travel suspensi lebih panjang 2cm dan wheelbase lebih panjang 1,5cm dari GS standar. Fitur Adaptive Ride Height memungkinkan motor turun 3cm pada kecepatan rendah dan saat berhenti. Ada juga fitur Adaptive Cruise Control dengan riding assistant yang mencakup front collision warning dan lane change warning. Konsol radar di bagian depan motor menjadi perbedaan mencolok lainnya.
BMW R1300GS Adventure juga memiliki empat mode berkendara: Rain, Road, Eco, dan Enduro. Fitur canggih lainnya termasuk pelindung tangan dengan indikator LED terintegrasi, monitor tekanan ban RDC, kontrol torsi drag mesin MSR, cruise control DCC dengan fungsi pengereman, remote control sistem kunci, baterai lithium-ion, kompartemen pengisian daya dengan USB dan soket 12 volt, serta panel meter TFT warna yang bisa terkoneksi dengan smartphone untuk menampilkan navigasi dan lain-lain.
Mesin Boxer yang Lebih Bertenaga
BMW R1300GS Adventure 2025 masih menggunakan mesin yang sama dengan R1300GS standar, yaitu mesin Boxer 2 silinder. Namun, kapasitas mesinnya meningkat dari 1250cc (R1250GS) menjadi 1300cc. Bore x stroke-nya berubah dari 102,5 x 76 mm menjadi 106,5 x 73 mm. Hal ini meningkatkan tenaga puncaknya menjadi 107 kw atau setara 145 Hp pada 7750 rpm dan torsi maksimal 149 Nm pada 6500 rpm. Perubahan juga terdapat pada gearbox 6 percepatan yang kini ditempatkan di bawah, meningkatkan pusat gravitasi motor ini menjadi lebih baik.
Harga dan Pilihan Warna
BMW R1300GS Adventure 2025 dibanderol seharga 22.335 Euro untuk pasar Jerman. Motor ini tersedia dalam empat pilihan warna: Racing Red, Triple Black, GS Trophy dengan warna khas BMW, dan varian tertinggi Option 719 yang berwarna hijau.
Dengan berbagai pembaruan dan fitur canggih, BMW R1300GS Adventure 2025 siap menjadi pilihan utama bagi para pecinta petualangan yang mencari motor tangguh dan handal untuk menjelajah jarak jauh.