Daihatsu Hijet 1000, 1984, Style Rat Rod?…

motolineid.com-Bagian body banyak bekas kerokan catnya bahkan ada juga yang sudah keserang karat parah. Lalu di bagian buritan malah tertanam bak pick-up dari kayu jati. Bisa jadi karena bahan dasarnya sebuah pick-up Daihatsu Hijet 1000, lansiran 1984.

Konsep Rat Rod sengaja dipilih. Ide ini terinspirasi karena mobil ini lama tidur, dan melihat unit truk farmer Dodge tua yang bak belakangnya berbahan kayu. Kesan klasiknya kental banget. “Saya anggap ini versi mininya,” bilang Andi Brotch sapaannya

Read More

Andi yang mukim di desa Kacangan Gemolong Sragen, mengaku banyak tantangan ujudkan mini truk ini. Paling krusial di sektor stir. Bagian stir mesti saya sesuaikan karena body depan atau batok pick-up ini diturunin sampai 8 cm. Soalnya saya ngejar ceper. Macam mobil hot rod .

Sektor dudukan stir karena body mobil turun. Ini sulit, soalnya sudut dan dudukannya mesti sesuai aslinya. Sehingga enggak ada jarak antara ruang kolong fender dengan permukaan ban. Ini dilakukan karena bila memodifikasi per suspensi, bantingan suspensi terlalu liar.

Sektor interior, bagian atas, atau atap dilubangi buat ditanam sunroof custom. Custom karena itu sunroof bikinan Andi sendiri, bahannya kaca mobil. Bagian lantai yang diganti plat bordes malah dicoak dipasang mika bening tebal 8mm. Sehingga kita bisa intip permukaan aspal ketika mobil ini jalan. Turunnya bodi ini diakui berhasil bikin bagian depan ndeprok. Minusnya kaca jendela enggak bisa turun habis, tapi cuma separo.

Bak belakang tampak tersusun dari lembar kayu jati. Jumlahnya 9 lembar. Panjangnya 2m dan tebal 2cm, lebar 25cm. Untuk menanam kayu jati tersebut, rangka canal c10 ditanam. Lalu di sisi bak ditanam kanal c 6×4.

Pintu bak terbuat dari kayu. lantas di ujung bak dekat dek pick-up, ada bagian yang menonjol. Itu tutup mesin. Dibuat dari plat diberi peredam panas. Lalu bagian atasnya dilapisi kayu. Satu lagi spatbor belakang dibuat mirip spatbor anghang Willys, bahannya dari plat 1,8mm. Oh ya posisi gardan belakang naik, diatas per daun. Aslinya di bawah per daun. Tujuannya bagian belakang rada ceper. Dari hasil modifnya yang unik ini, dirinya memang belum puas dengan hasilnya. Diakui beberapa pernik belum tersambung atau belum sesuai dengan konsep rat rod diinginkan.

Hasilnya? Jadi lah rat rod….

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *