motolineid.com – Kenali warna busi untuk mengetahui bagaimana kondisi mesin pada motor kita, dari warna yang ditunjukkan oleh busi kita akan bisa tahu ada masalah pada mesin atau tidak. Untuk itu ada beberapa kondisi warna dari busi yang bisa kita analisa.
Berikut beberapa kondisi warna busi yang iasa kita temui pada kendaraan kita
Coklat Atau Abu-abu
Ujung insulator dan elektroda berwarna coklat atau abu-abu. Kondisi mesin normal dan penggunaan nilai panas busi yang tepat. Busi berwarna coklat abu-abu berarti pengapaian pas dan tidak ada masalah dengan mesin kendaraan kita.
Kerak Putih Pada Insulator
Terdapat kerak berwarna putih pada ujung insulator dan elektroda akibat kebocoran oli pelumas ke ruang bakar atau karena penggunaan oli pelumas yang berkualitas rendah. Jika warna seperti ini muncul pada busi berarti ada masalah dengan mesin.
Hitam
Ujung insulator dan elektroda berwarna hitam disebabkan campuran bahan bakar & udara terlalu kaya atau kesalahan pengapian. Setel ulang, apabila tidak ada perubahan naikkan nilai panas busi. Bisa juga ujung insulator dan elektroda berwarna hitam dan basah disebabkan kebocoran oli pelumas yang disebabkan karena ring piston sudah longggar atau bisa juga karena sil katup yang sudah aus.
Putih Mengkilap
Ujung insulator berwarna putih mengkilat dan elektroda meleleh disebabkan pengapian terlalu maju atau overheating. Coba atasi dengan menyetel ulang sistem pengapian, campuran bahan bakar & udara ataupun sistem pendinginan. Apabila tidak ada perubahan, ganti busi yang lebih dingin
Berikutnya kita juga harus tahu cara pemeriksaan kondisi busi diantaranya memeriksa keausan elektroda busi. Apabila keausan elektroda berlebihan, busi perlu diganti. Disamping itu kita juga harus memeriksa warna hasil pembakaran pada ujung insulator dan elektroda busi. Perhatikan pula kode busi yang digunakan, bandingkan dengan spesifikasi yang disarankan.
Membersihkan insulator dan elektroda busi dari endapan karbon mempergunakan sikat kawat atau alat pembersih busi juga perlu kita lakukan secara berkala. Apabila insulator retak atau pecah, busi harus diganti.
Lakukan penyetelan celah busi agar pengapian bisa maksimal, untuk spesifikasi celah busi yaitu 0,6 – 0,7 mm.
Dengan kenali warna busi kita akan lebih mudah untuk melakukan diagnosa terhadap kerusakan yang terjadi pada mesin kendaraan kita.