Ciri Kopling Aus Pada Motor, Jangan Sampai Salah Analisa

kopling sentrifugal pada matik

motolineid.com – Ciri kopling aus pada sepeda motor bisa kita menganalisanya sehingga kita bisa segera melakukan pengantian kampas kopling agar tidak semakin parah kerusakannya.

Kopling pada sepeda motor sendiri berfungsi sebagai penyambung dan pemutus putaran yang berasal dari poros engkol yang menuju ke transmisi. Jika kondisi kopling sudah mengalami keausan maka perpindahan putarannya akan terganggu.

Read More
Ciri kopling aus
Kopling motor bebek

Kopling pada motor bebek ada dua macam yaitu kopling sentrifugal dan kopling manual yang cara kerja antara dua jenis kopling ini berbeda. Kopling sentrifugal akan bekerja saat ada putaran mesin sehingga kopling akan terhubung, sedangkan kopling manual akan bekerja saat digerakkan secara manual.

Ciri kopling aus pada sepeda motor bisa kita kenali dari beberapa gelaja yang muncul di motor diantaranya,

Akselerasi Motor Drop

Ciri-ciri kopling motor selip bisa dirasakan jika motor mengalami penurunan performa dan akselerasi. Hal ini juga akan berpengaruh pada top speed yang terasa lambat. Motor saat kita ajak berakselerasi terasa ada yang menarik dan tidak bisa lepas.

Kick Starter Ngelos

Ciri-ciri kopling motor selip jika diengkol atau kick starter terasa ringan atau ngelos. Gejala ini biasanya akan terasa ketika kamu menghidupkan motor menggunakan kick starter. Kick starter saat kita injak akan menggerakkan poros engkol melalui kopling, jika kampas kopling sudah mengalami keausan maka putaran dari kick starter tidak akan diteruskan ke poros engkol.

Putaran Mesin Naik

Ciri-ciri kampas kopling yang mulai habis selanjutnya adalah putaran mesin yang semakin tinggi. Putaran mesin yang semakin tinggi ini disebabkan oleh akselerasi yang melemah dan kampas kopling mulai licin.

Sebagai contoh saat kita melaju dengan kecepatan 60 putaran mesin akan lebih tinggi ketika kampas kopling sudah aus, putaran bisa sampai 7.000 -8.000 rpm, dimana saat kondisi kampas kopling yang masih tebal putaran mesin hanya berkisar 6.000 rpm.

Dampak lain dari gejala ini pastiya konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros dibandingkan saat kampas kopling masih tebal.

Demikian beberapa gejala yang bisa kita kenali dari keausan kopling pada speeda motor kita, jika sudah menemui salah satu dari gejala tersebut ada baiknya kita cek kondisi kampas kopling motor kita.

Related posts