motolineid.com – Cara membaca kode MIL Honda cukup mudah, kita hanya tinggal melihat nyala lampu yang ada di dasboard. Kita membacanya dari berapa banyak kedipan yang ada di cek engine.
Perlu kita ketahui bahwa kedipan pada cek engine ada dua macam yaitu kedipan pendek dan kedipan panjang. kedipan pendek menunjukkan nilai satuan dan kedipan panjang menunjukkan nilai puluhan. Cara membaca kode MIL Honda Kedipan panjang (berlangsung selama 1,3 detik) sedangkan kedipan pendek (berlangsung selama 0.3 detik).
Malfunction Indicator Lamp (MIL) pada sepeda motor hadir sebagai fitur untuk memberikan informasi kepada pengendara terkait kinerja sistem PGM-FI.
Indikator yang berada di panel instrumen ini akan menginformasikan kepada pengendara jika ada kerusakan pada sistem injeksi melalui kedipan nyala lampu MIL yang terletak di speedometer/meter kombinasi.
Sistem tersebut bekerja berdasarkan informasi dari ECM. Saat lampu MIL menyala selama 2 detik , ECM akan mendeteksi sistem injeksi, apakah ada kerusakan atau tidak.
Dalam kondisi normal, saat kunci kontak diputar ke pisisi ON maka lampu indikator MIL akan menyala sekitar 2 detik dan akan mati kembali.
Tapi jika ECM menemukan kerusakan atau sesuatu yang tidak normal pada sistem injeksi, maka lampu indikator MIL akan terus menyala (pada sistem PGMFI terbaru contoh : PCX 150,ADV 150 dan lain-lain) dan akan berkedip (pada sistem PGMFI lama) selama motor belum diperbaiki.
Terdapat beberapa kode MIL Honda yang perlu diketahui oleh setiap pengguna motornya. Berikut beberapa kode MIL yang biasa kita temui pada motor Honda.
Kedip 1 Kali – Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
Jika MIL berkedip sekali, berarti terjadi kerusakan pada sensor MAP. Kerusakan tersebut mudah diketahui karena kedipannya hanya sekali dan pendek.
Hal ini dapat menyebabkan akselerasi motor jadi kurang baik, serta tenaga mesinnya kurang bertenaga pada putaran atas.
Kedip 7 Kali – Sensor EOT (Engine Oil Temperature)/ECT (Engine Coolant Temperature)
Jika MIL berkedip sebanyak tujuh kali dan pendek, maka terdapat masalah pada sensor EOT atau ECT. Penyebabnya yaitu rangkaian sensornya tidak berfungsi atau terjadi Intermitten Failure (putus sambung).
Ini bisa menyebabkan mesin motornya jadi cepat panas.
Kedip 8 Kali – Sensor TP (Throttle Position)
Kode MIL Honda ketiga adalah menunjukkan adanya masalah pada sensor TP. Biasanya, masalah ini muncul saat MIL berkedip sebanyak delapan kali dan pendek.
Hal tersebut bisa terjadi karena sensor atau rangkaiannya tidak berfungsi. Bisa juga disebabkan kontak yang longgar pada konektor unit sensor, sehingga dapat menyebakan bahan bakar jadi boros, akselerasi tidak baik, serta mesin sering mati.
Kedip 9 Kali – Sensor IAT (Intake Air Temperature)
Kode MIL berikutnya adalah kedipan pendek sebanyak sembilan kali yang berarti terjadi masalah pada intake air temperature.
Mirip seperti kode MIL sebelumnya, penyebabnya kemungkinan besar adalah sensor atau rangkaiannya tidak berfungsi dengan baik ataupun kontak yang longgar pada konektor unit sensor.
Hal ini dapat menyebabkan akselerasi jadi kurang baik serta mesin kurang bertenaga pada putaran menengah.
Kedip 11 Kali – Sensor VS (Vehicle Speed)
Jika MIL berkedip panjang sebanyak satu kali dan pendek sekali, maka terdapat masalah pada bagian sensor VS karena sensor ataupun rangkaiannya kurang baik atau kontak yang longgar dari konektor sensor VS.
Kedip 12 Kali – Injektor
Kode MIL selanjutnya adalah kedipan panjang sebanyak satu kali dan pendek dua kali. Ini berarti kode 12 yang menujukkan adanya masalah pada bagian injektor.
Hal ini bisa terjadi karena injektor atau rangkaiannya kurang berfungsi ataupun kontak yang tidak baik pada konektor injektornya.
Jika terjadi masalah ini, dapat menyebabkan mesin motor tidak dapat dihidupkan, serta coil pengapian, pompa bahan bakar, dan injektornya mati.
Kedip 21 Kali – Sensor Oksigen (O2)
Jika MIL berkedip panjang sebanyak dua kali dan pendek satu kali, berarti menunjukkan kode 21.Kode tersebut memberitahukan bahwa ada masalah pada bagian sensor O2. Penyebab masalahnya adalah sensor atau rangkaiannya tidak berfungsi dengan baik ataupun kontak yang longgar pada sensor oksigennya.Hal ini dapat menyebabkan mesin jadi sulit dihidupkan atau ada bunyi letupan di bagian knalpot motor.Sebagai informasi, sensor oksigen merupakan sensor untuk mengatur masuknya udara ke dalam mesin. Jika kotor, perlu diservis agar kembali normal.
Beberapa kode MIL yang bisa dijadikan informasi kerusakan atau masalah pada rangkaian sistem injeksi.
No | Jumlah Kedipan | Keterangan |
1 | 1 kali | Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) |
2 | 7 kali | Sensor EOT (Engine Oil Temperature)/ECT (Engine Coolant Temperature) |
3 | 8 kali | Sensor TP (Throttle Position) |
4 | 9 kali | Sensor IAT (Intake Air Temperature) |
5 | 11 kali | Sensor VS (Vehicle Speed) |
6 | 12 kali | Injektor |
7 | 21 kali | Sensor Oksigen (O2) |
8 | 29 kali | Rangkaian IACV (Intake Air Control Valve) |
9 | 33 kali | ECM (Engine Control Module) |
10 | 52 kali | Sensor CKP (Crankshaft Position) |
11 | 54 kali | Sensor BAS (Bank Angle Sensor) |
12 | 67 kali | Front Wheel Speed Sensor (PCX 160) |
13 | 86 kali | Speedometer (PCX 160) |
14 | 91 kali | Coil Ignition primary circuit malfunction (PCX 150, ADV 150,PCX 160) |
sumber : astra-honda.com