motoline.id – Suzuki kembali menggebrak pasar dengan menghadirkan penerus terbaru dari motor DR-Z400S dual-sport dan DR-Z400SM supermoto. Model baru, Suzuki DR-Z4S dan DR-Z4SM 2025, membawa sejumlah pembaruan signifikan, termasuk rangka twin-spar baru, mesin 398cc yang sepenuhnya direvisi, throttle ride-by-wire, dan desain yang terinspirasi dari RM-Z. Selain itu, kedua model ini telah memenuhi standar emisi Euro5+, memungkinkan mereka untuk kembali ke pasar Eropa.
Pembaruan Mesin yang Signifikan
Mesin baru berkapasitas 398cc tetap mempertahankan konfigurasi DOHC Single dengan bore dan stroke 90 mm x 62,6 mm seperti pendahulunya. Namun, Suzuki mengklaim hampir seluruh komponen mesin diperbarui, termasuk:
- Katup titanium intake dan katup exhaust berisi natrium untuk pendinginan optimal.
- Profil camshaft baru.
- Piston dan crankcase yang didesain ulang.
- Kepala silinder dual-spark baru.
Throttle ride-by-wire dengan injektor bahan bakar 10 lubang dan throttle body elektronik 42 mm semakin meningkatkan performa. Mesin ini menghasilkan tenaga 38 hp pada 8.000 rpm dan torsi 27 lb-ft pada 6.500 rpm, dipadukan dengan transmisi 5-percepatan dan slipper clutch untuk perpindahan gigi yang lebih halus.
Mode Berkendara dan Kontrol Traksi
Kedua model menawarkan tiga mode berkendara:
- Mode A: Respons throttle paling langsung dengan torsi penuh di putaran bawah.
- Mode B dan C: Respons throttle lebih lembut untuk kondisi jalan licin atau minim traksi.
Sistem kontrol traksi hadir dengan dua mode standar dan satu mode tambahan G (Gravel). Mode G dirancang khusus untuk medan off-road, memberikan toleransi lebih pada putaran roda belakang untuk membantu performa di lintasan berkerikil.
Rangka, Suspensi, dan Rem Baru
Suzuki melengkapi DR-Z4S dan DR-Z4SM dengan rangka twin-spar baja yang kokoh, subframe aluminium, dan swingarm aluminium. Suspensi KYB long-travel dilengkapi fitur penyesuaian kompresi dan rebound, baik di depan maupun belakang.
Untuk DR-Z4S, jarak main suspensi lebih panjang dengan 11 inci di depan dan 11,7 inci di belakang, sedangkan DR-Z4SM memiliki jarak main lebih pendek dengan 10,2 inci di depan dan 10,9 inci di belakang. Ground clearance juga lebih tinggi pada DR-Z4S (11,8 inci) dibandingkan DR-Z4SM (10,2 inci).
Sistem pengereman juga disesuaikan, di mana DR-Z4SM menggunakan cakram depan 310 mm sementara DR-Z4S menggunakan cakram 270 mm, keduanya dengan kaliper axial-mount.
Desain dan Fitur Tambahan
Kedua model memiliki desain ramping dengan elemen yang terinspirasi dari motor RM-Z, seperti:
- Desain jok yang sempit untuk kontrol lebih baik.
- Pelindung mesin aluminium.
- Grip setengah waffle untuk kenyamanan genggaman.
- Tangki bahan bakar berkapasitas 2,3 galon.
Dengan berbagai pembaruan ini, Suzuki DR-Z4S dan DR-Z4SM 2025 menawarkan kombinasi sempurna antara performa, gaya, dan teknologi modern. Bagi penggemar dual-sport dan supermoto, kedua model ini layak dinantikan sebagai evolusi dari legenda DR-Z yang telah lama dicintai.