Motor Sport Yamaha Ini Adopsi Teknologi Y-AMT, Apa Itu?

Motor Sport Yamaha

motoline.id – Wajah Yamaha MT-09 versi 2025 masih menampilkan tampang gagah dari motor naked yang dikenal dengan ketangguhannya. Meskipun tampilan eksteriornya tidak banyak berubah dari versi sebelumnya, ada satu perubahan mencolok yang dapat kita lihat pada bagian saklar kiri motor ini: tidak adanya tuas kopling. Bagaimana bisa? Inilah motor sport Yamaha pertama yang mengadopsi teknologi baru yang disebut Yamaha Automated Manual Transmission (Y-AMT).

Teknologi Y-AMT: Revolusi dalam Transmisi

Teknologi Y-AMT ini mirip dengan Dual-Clutch Transmission (DCT) yang digunakan oleh Honda, di mana motor ini dapat beroperasi dalam mode manual maupun otomatis. Namun, berbeda dengan motor matic yang menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT), Yamaha MT-09 tetap menggunakan gear box, tetapi tanpa tuas kopling dan perseneling. Sebagai gantinya, pengendara mengoperasikan perpindahan gigi menggunakan tombol di bagian saklar, mirip dengan joystick pada konsol game.

Read More

Mode Manual dan Otomatis

Dalam mode Manual Transmission (MT), pengendara hanya perlu menekan tombol pada saklar untuk menaikkan dan menurunkan gigi. Tombol untuk menaikkan gigi berada di depan saklar dan dioperasikan dengan telunjuk, sementara tombol untuk menurunkan gigi berada di bawah saklar dan dioperasikan dengan ibu jari. Tidak ada lagi tuas perseneling di bagian pijakan kaki, memberikan pengalaman berkendara yang benar-benar baru.

Sedangkan dalam mode Automatic Transmission (AT), pengendara cukup memilih mode melalui saklar di sebelah kanan. Ada dua pilihan mode: mode D untuk Daily Riding yang memberikan perpindahan gigi secara otomatis dan halus, cocok untuk berkendara di perkotaan, dan mode D+ untuk perpindahan gigi pada RPM tinggi, memberikan sensasi berkendara yang lebih sporty.

Spesifikasi dan Fitur Unggulan

Desain fisik Yamaha MT-09 2025 tidak banyak berbeda dari versi sebelumnya. Namun, ada peningkatan pada panel meter TFT warna dengan informasi yang lebih lengkap dan fitur smart key system. Motor ini juga menggunakan remote dan knop smartkey untuk kunci kontaknya.

Motor ini hanya menambah bobot 3 kg dibanding versi sebelumnya, menjadi 196 kg. Mengusung mesin 889cc 3 silinder Crossplane Crankshaft (CP3), Yamaha MT-09 mampu menghasilkan power 119 Ps pada 10,000 rpm dan torsi 93 Nm pada 7,000 rpm.

Spesifikasi Lengkap Motor Sport Yamaha MT-09 2025:

  • Engine type: Liquid-cooled; 4-stroke; 4-valves; 3-Cylinder; DOHC
  • Displacement: 890 cm³
  • Bore x stroke: 78.0 × 62.1 mm
  • Compression ratio: 11.5 : 1
  • Maximum power: 87.5kW (119.0PS) @ 10,000 rpm
  • Maximum Torque: 93.0Nm (9.5kg-m) @ 7,000 rpm
  • Lubrication system: Wet sump
  • Clutch Type: Wet; Multiple Disc
  • Ignition system: TCI
  • Starter system: Electric
  • Transmission system: Y-AMT 6 percepatan
  • Final transmission: Chain
  • Fuel consumption: 20 km per liter
  • CO2 emission: 116 g/km
  • Carburettor: Fuel Injection
  • Frame: Diamond
  • Caster Angle: 25º
  • Trail: 108 mm
  • Front suspension system: Telescopic fork
  • Rear suspension system: Swingarm; (link suspension)
  • Front travel: 130 mm
  • Rear Travel: 122 mm
  • Front brake: Hydraulic dual disc, Ø 298 mm
  • Rear brake: Hydraulic single disc, Ø 245 mm
  • Front tyre: 120/70 ZR17M/C (58W) Tubeless
  • Rear tyre: 180/55 ZR17M/C (73W) Tubeless
  • Dimensions:
    • Overall length: 2,090 mm
    • Overall width: 820 mm
    • Overall height: 1,145 mm
    • Seat height: 825 mm
    • Wheel base: 1,430 mm
    • Minimum ground clearance: 140 mm
  • Wet weight: 196 kg
  • Fuel tank capacity: 14 L
  • Oil tank capacity: 3.50 L

Warna dan Harga

Yamaha MT-09 2025 akan hadir dalam tiga pilihan warna: hitam, biru, dan grey. Meskipun harga resmi belum diumumkan, antusiasme terhadap motor ini sudah mulai terasa. Apakah motor ini akan dijual di Indonesia? Kita tunggu saja kabar selanjutnya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *