motolineid.com – Luca Marini, pembalap Italia yang telah meraih dua kali pole position dan podium di VR46, mengaku telah mendorong dirinya hingga 100% di setiap putaran dalam rangka mencapai kemajuan teknis yang sangat dibutuhkan dari Honda RC213V. Memulai karirnya bersama Repsol dengan awal yang sulit, Marini menjadi satu-satunya pembalap penuh waktu yang belum meraih poin di tahun 2024.
Tantangan dan Kesulitan di Awal Musim
Situasi Marini semakin memperihatinkan jika melihat rekan setimnya, Joan Mir, yang baru mengumpulkan 12 dari 185 poin yang mungkin diraih. Marini telah berada di posisi terakhir dalam 7 dari 10 balapan yang telah berlangsung, termasuk Sprint. Meskipun tes prototipe terbaru Honda oleh Stefan Bradl tidak membuahkan hasil positif, motor standar kembali digunakan pada MotoGP Prancis akhir pekan lalu.
- Hasil Roadrace Purwodadi 2024 : Aqsal Ilham Kembali Dominasi Di Kelas Bebek 4T TU 150cc Kejurprov
- Hasil Lengkap Dragbike Cilacap 2024 : Okto Zalfa Dan Reynaldy Vanson Dinobatkan Sebagai Juara Umum
- Hasil Dragbike Cilacap 2024 : Okto Zalfa Catatkan Waktu Tercepat Di Kelas Ninja Sunmori 155cc Mix Rider Hari Sabtu
Upaya dan Adaptasi Marini
Meskipun finis di belakang dalam kedua balapan di Le Mans, Marini menjelaskan bahwa ia berusaha untuk mengadaptasi posisi tubuh dan gaya berkendaranya, terinspirasi dari para pembalap Ducati, Jorge Martin dan Francesco Bagnaia. “Saya mencoba, meskipun hasilnya tidak memuaskan. Saya berusaha untuk bekerja pada gaya atau posisi saya karena sekarang kita bisa melihat bahwa Pecco dan Martin bisa membuat perbedaan dengan posisi tubuh mereka,” ujar Marini.
Ia menambahkan bahwa Pecco dan Martin bisa mendorong dengan tubuh mereka di bawah motor, membuat motor berbelok lebih baik. “Jadi bagi saya, ini akan menjadi kunci untuk MotoGP di tahun-tahun mendatang. Semua orang mencoba membuat perubahan ini. Saya sedang bekerja keras untuk itu, dan setiap putaran saya mendorong 100%,” katanya.
Masalah Teknikal Honda
Para pembalap Honda saat ini menghadapi masalah dengan kurangnya kemampuan berbelok dan akselerasi, yang mereka harap akan dapat diatasi dalam tes pribadi minggu ini di Mugello. “Sekarang kami punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan di Mugello, fokus pada motor baru,” ujar Marini sebelum meninggalkan Le Mans. “Saya yakin pembaruan baru akan membawa kami lebih dekat ke puncak, tidak banyak, tapi sedikit.”
Luca Marini optimis dengan tes ini, menyatakan bahwa meskipun perubahan yang diharapkan tidak akan drastis, peningkatan kecil akan sangat berarti. “Untuk saya, ini bisa menjadi peningkatan yang sangat baik. Dan terutama, mengikuti arah tersebut, kita bisa membuat langkah-langkah lain untuk akhir musim ini,” jelasnya.
Harapan di Mugello dan Catalunya
Jika kemajuan Honda tercapai di Mugello, bagian-bagian baru tersebut dapat digunakan pada putaran Catalunya akhir pekan depan. Marini dan timnya berharap pembaruan ini akan memberikan perbaikan signifikan yang mereka butuhkan untuk meraih hasil yang lebih baik di sisa musim MotoGP 2024.