motolineid.com – Dalam dua hari uji coba di Jerez, pebalap uji Honda, Stefan Bradl, memberikan umpan balik pertama terkait aerodinamika baru pada motor Honda RC213V versi 2024. Antisipasi terhadap paket aerodinamika dan mesin baru telah muncul di Spanyol, menandakan upaya Honda untuk membuat motor yang lebih ringan dan tangguh. Apalagi, kabar beredar bahwa motor baru ini akan menjadi 8 kilogram lebih ringan dibandingkan motor sebelumnya yang menimbulkan masalah bagi Marc Marquez.
Aerodinamika Baru: Menurut Bradl, pengaruh aerodinamika pada motor Honda RC213V versi 2024 sungguh luar biasa. Dalam wawancara dengan Speedweek, Bradl menjelaskan, “Aerodinamika pada umumnya memiliki efek yang luar biasa. Ini memfilter sedikit perasaan yang dirasakan pembalap terhadap ban dan aspal. Perubahan ini mempengaruhi perasaan yang dirasakan melalui tangan pada setang atau bagian pantat.”
Dampak di Tikungan Cepat: Bradl menyoroti bahwa efek aerodinamika sangat terasa, terutama saat melalui tikungan cepat. “Kita berbicara tentang beberapa luas permukaan pada fairing, pada kecepatan 150 km/jam, ini memiliki dampak besar. Aerodinamika sangat penting untuk segalanya saat ini: peningkatan kecepatan puncak, kemampuan belok yang lebih baik, dan mengurangi wheelies.”
Pemberian Konsesi Baru: Honda berpotensi kembali mendominasi MotoGP melalui aturan konsesi baru. Bersama Yamaha, Honda akan mendapatkan sejumlah keuntungan, termasuk 260 uji ban, tiga wildcard, dua pembaruan aerodinamika, dan pengembangan mesin berkelanjutan. Rider Honda, seperti Luca Marini, Joan Mir, Johann Zarco, Takaaki Nakagami, Stefan Bradl, dan Takumi Takahashi, akan memiliki keunggulan awal dengan berpartisipasi dalam shakedown Sepang.
Peta Jalan Honda: Bradl juga mengungkapkan bahwa permohonan wildcard telah diajukan untuk putaran di Jerez, Barcelona, dan Sachsenring. Ini menandakan niat Honda untuk tampil agresif dan mendominasi MotoGP musim ini dengan RC213V versi terbaru mereka yang ditingkatkan.