motolineid.com – Perubahan Pada Honda RC213V ada beberapa sektor dibandingkan dengan versi terdahulunya, dan perubahan tersebut membuat Joan Mir pembalap Repsol Honda merasa optimis menyongsong musim balap 2024.
Bisa dikatakan musim 2023 di MotoGP bukanlah musim yang mudah bagi Joan Mir dan Repsol Honda. Dengan hanya mengumpulkan 26 poin dan satu kali finis di posisi 10 besar, musim debut Mir di Repsol Honda dianggap sebagai salah satu yang paling sulit dalam kariernya. Namun setelah menjalani tes MotoGP Valencia awal bulan ini dengan prototipe RC213V 2024 yang mengalami perubahan radikal dia lebih optimis.
Meskipun hanya menempati posisi ke-13, Mir memberikan pandangan optimis terkait perbedaan yang ia rasakan. Juara dunia 2020 itu menekankan bahwa ini adalah pertama kalinya ia merasakan perubahan pada Honda RC213V yang signifikan sejak bergabung dengan Honda, membawa optimisme ke tim Repsol Honda yang telah berjuang keras di musim sebelumnya.
“Saya sangat senang. Ini pertama kalinya saya bisa merasakan perbedaan sejak saya tiba [di Honda]. Sesuatu itu benar-benar bekerja lebih baik,” ungkap Mir. Meskipun terdapat kendala angin dan kurangnya pengetahuan tentang trek setelah absen dalam akhir pekan balapan karena cedera leher, Mir tetap fokus dengan ban bekas dan berhasil mencatatkan waktu putaran yang memuaskan.
Apa yang membuat prototipe RC213V 2024 berbeda dari versi sebelumnya? Berikut adalah beberapa perubahan utama yang dirasakan oleh Mir:
- Bobot Motor yang Lebih Ringan: “Apa yang bisa saya rasakan [langsung] adalah motornya lebih ringan,” kata Mir. Pengereman menjadi lebih baik, tekanan saat pengereman keras tetap sama, tetapi sekarang pengendara dapat mengerem di titik yang berbeda. Keuntungan ini memberikan dampak positif terutama dalam manuver di sisi belokan.
- Peningkatan Grip: “Sepertinya grip, yang merupakan sesuatu yang kami keluhkan sepanjang tahun, lebih baik,” kata Mir. Indikasi ini menunjukkan bahwa karakter mesin yang direvisi berkontribusi pada peningkatan grip, memberikan keuntungan yang diinginkan oleh tim.
- Jarak Wheelbase yang Lebih Besar: “Kami mencoba beberapa hal pada set-up, menggerakkan [keseimbangan] motor. Sepedanya jika Anda melihatnya sedikit lebih besar dari yang sebelumnya.” Perubahan pada jarak wheelbase memberikan variasi pada karakteristik balap sepeda, memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan oleh para pebalap.
- Front-End yang Lebih Baik: “Saya bisa mendapatkan feeling yang lebih baik, umpan balik yang lebih baik di lini depan.” Pengendara dapat merasakan perbedaan yang signifikan pada bagian depan motor, memberikan kontrol yang lebih baik dan keyakinan dalam menghadapi lintasan.
Apa yang selanjutnya bagi Joan Mir? Dengan cengkeraman yang lebih baik, Mir kini merasa dapat mengatur kontrol traksi elektronik untuk memberikan lebih banyak kendali kepada pebalap. “Jenis elektronik yang kami miliki tahun ini, saya pikir kami dapat melakukan sesuatu [untuk masa depan],” ujar Mir.
Perubahan suasana di garasi Repsol Honda juga menjadi sorotan, dengan Mir bertukar posisi dengan rekan setimnya dan akan bekerja dengan mantan kru Marc Marquez pada tahun 2024. Meskipun tantangan belum berakhir, semangat baru dan perbaikan yang dirasakan oleh Mir menambah optimisme menuju musim 2024. Bagaimana penampilan sebenarnya nanti saat balapan dimulai, hanya waktu yang akan memberikan jawaban.
sumber : crash.net