motoline. Id – Para pemilik motor bebek Honda khususnya Grand atau Supra sering mengeluhkan suara mesinnya yang terdengar kasar. kasar dibagian mesin tersebut seringnya disebabkan oleh kendurnya rantai kamprat atau disebut juga rantai timing.
Rantai kamprat yang kendur disebabkan karena fakor keausan pada rantai itu sendiri atau bisa juga disebabkan oleh pegas yang sudah lemah. Karena fungsi dari pegas tersebut mendorong rantai kamprat agar supaya selalu dalam kondisi tegang.
Kalau penyebab suara berisik tersebut berasal dari pegas penekan yang sudah aus nggak usah bingung mikirinnya, kita punya tips praktis dan yang pasti jauh dari kata mahal. Pegas tersebut kan fungsinya untuk menekan rantai agar tetap tegang, jika tekanannya melemah otomatis akan timbul suara berisik saat mesin dinyalakan, solusi yang cepat kita ganti saja pegas tersebut dengan pegas baru yang mempunyai diameter sama, sehingga bisa masukurai Tanto dari bengkelnya di kawasan Tm. Srikuncoro I, Semarang.
Pilihan jatuh pada pegas pengembali yang terdapat pada rem belakang motor Grand ataupun Supra (Gambar 1). Karena pegas tersebut mempunyai diameter sama juga lebih kuat dibandingkan dengan pegas yang aslinya.
Langsung saja kita praktekkan di motor Supra. Untuk mengganti pegas tersebut langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melepas baut dimana pegas tersebut berada (Gambar 2). Selanjutnya pegas penekan rantai yang sudah lemah kita ambil dan kita ganti dengan pegas yang kita ambilkan dari pegas pengembali pada rem belakang.
Eit tunggu dulu, kita tidak bisa langsung memasangnya karena panjang pegas pengembali pada rem belakang dan pegas aslinya tidak sama, selain itu pegas rem juga lebih keras dibandingkan dengan pegas penekan rantai kamprat (Gambar 3). Jika tekanan yang diberikan ke rantai kamprat terlalu besar, suara mesin malah jadi mendengung, makanya kita sesuaikan panjangnya dengan kekuatan penekanannya,pesan pemilik nama lengkap Tanto Dwi Diyono ini kalem.
Pegas rem tersebut kita potong menjadi dua dengan ukuran yang sama (Gambar 4). Kita potong lebih pendek untuk menghindari penekanan yang terlalu keras,tambah bengkeler ini lagi.
Selanjutnya kita pasang dan kita kencangkan baut penutup pegas. Jika masih ada suara mendengung dari mesin berarti penekanannya masih terlalu besar, pegas bisa kita pendekkan sedikit untuk menghilangkan suara mendengung tersebut.