(Yamaha Scorpio 2012, Blitar) Rangka Geser Kekiri Untuk Kenyamanan

motoline.id – Jarjid Modified (JM) kerap mengeluarkan modifikas-modifikasi yang terhitung cukup ekstrim khas motor-motor buntung minor fighter. Seperti yang kali ini ditelorkan dari rumah modifikasi yang ada di  daerah Gemolong, Sragen ini.

Modifikasi motor Yamaha Scorpio milik dari Wandoyo yang merupakan pengusaha tahu ini menjadi eksperimen pertama dari Mamad JM pada sektor rangka. Seperti apa ubahan yang telah dilakukannya pada rangka dan komponen yang lainnya, berikut penjelasannya.

Sektor ini menjadi fokus pengerjaan perdana karena selama ini dirasakan  rangka kurang mendukung pemakaian ban gambut pada roda belakang. “Selama ini untuk mengakali gir belakang agar sejajar dengan gir depan kita menambahkan as gir panjang atau juga gir transfer,”beber Mamad.

Tapi dengan pemakaian as gir yang panjang lebih beresiko saat dipakai turing dengan kondisi jalan yang bervariasi. “Dengan kondisi yang kita temui selama ini, kita coba bereksperimen dengan melakukan ubahan pada rangka,”tambah mamad.

Rangka tengah digeser sedikit ke kiri untuk menyesuaikan dengan posisi gir belakang roda yang sudah lebih keluar. “Kita geser rangka tengah sebagai dudukan mesin kekiri 4 cm sehingga gir depan bisa sejajar dengan gir belakang,”jelasnya.

Berikutnya pemakaian pelek belakang yang mempunyai lebar 7 inchi menjadi pilihan. “Pelek lebar tersebut kita ambilkan dari pelek mobil yang kita kombinasikan dengan ban tapak lebar merk Dunlop HD 200/50,”terangnya.

Dengan pemakaian pelek tersebut terpaksa harus membuatkan bracket adaptor gir dan disk cakram sendiri. Dibutuhkan  kepresisian yang keakuratan sehingga roda belakang bisa terpasang secara tepat pada lengan ayun yang juga merupakan hasil custom.

Sok depan terlihat gagah dengan model upside down tapi sebenarnya itu hanya akal-akalan saja. “Sok depan memang masih menggunakan sok standar motor Scorpio, kita hanya melapisinya dengan pipa besi sehingga terlihat seperti upside down,”terang modifikator kreatif ini.

Untuk mengimbangi dimensi motor yang sudah melar, tangki lebih ditonjolkan dengan membungkusnya dengan plat besi. “Bukan hanya pada tangki kita gunakan plat galvanis pada bodi ekor, head lamp dan air scoop kita bikinkan dari bahan yang sama,”tutup modifikator yang memilih kelir hijau pupus untuk finishing pada kreasi modifikasinya kali ini.

Data Modifikasi

Knalpot      : Yamaha Kaliber

Stang        : X_K

Ban depan    : Michelin 120/70

Jrj Modified (085726339223)