Tekanan Ban Berkurang Akibatnya Fatal

motoline.id – Bicara mengenai ban tidak bisa dilepaskan dari berapa besarnya tekanan ban yang harus diberikan. Tekanan pada ban sepeda motor kita harus selalu di cek secara berkala, kenapa harus selalu di cek?

“Banyak akibat yang akan timbul jika tekanan ban kita tidak di cek dan sesuaikan dengan tekanan standarnya,”beber Awaludin yang merupakan instruktur di Astra Motor training centre (AMTC) Semarang.

Tekanan ban yang kurang bisa menyebabkan bahan bakar menjadi boros dan juga menyebabkan keausan yang tidak merata pada ban.  “Begitupun jika tekanan ban sepeda motor kita terlalu keras, akan menyebabkan ketidaknyamanan pengendaraan dan juga keausan yang tidak merata yang pada akhirnya umur ban yang lebih singkat,”sambung Awal.

Untuk itu kita harus selalu melihat spesifikasi yang ada pada sepeda motor tersebut yang berbeda saat dipakai sendirian maupun boncengan. “Sebagai contoh pada Honda Versa saat dipakai sendirian tekanan ban depan belakangnya 175/200 Kpa dan di pakai boncengan 175/225 Kpa,”tutup Awal yang senantiasa mewanti-wanti untuk melihat spesifikasi dari tiap sepeda motor.  ml

RSS105
Follow by Email89
Facebook0
Twitter650
YouTube
Instagram540