Nih Penyebab Bahan Bakar Tidak Mengalir Di Motor

motoline.id – Bicara mengenai bahan bakar tentunya menjadi hal yang sangat penting pada sebuah sepeda motor. Bahan bakar menjadi sumber utama dalam pembakaran, tanpa bahan  bakar tentunya motor tidak akan bisa hidup.

Tapi, beberapa kasus yang terjadi motor dengan bahan bakar penuh dan kondisi pengapian dan kompresinya masih cukup bagus tidak mau hidup saat di starter. Kasus ini tentunya pernah dialami oleh sebagian dari kita.

Baca juga : Motor susah start bisa jadi ini penyebabnya

“Coba cek pada komponen sistem bahan bakarnya terutama pada kran vakum dan slang nya kemungkinan ada masalah di situ, terutama untuk motor yang masih menggunakan karburator,”Lutfi Zaeni dari bengkel Xsata Custom, Semarang. Kemungkinan ada kebocoran pada slang atau kran vakum sudah aus dan saatnya diganti.

Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu mengenai prinsip kerja dari kran vakum, dimana kerja dari kran vakum ini berdasarkan kevakuman dari ruang bakar.

Baca juga : Jangan sembarangan cek busi motor injeksi akibatnya bisa fatal

Kalau kita perhatikan pada kran vakum terdapat tiga slang, slang pertama menuju ke tangki bahan bakar, slang kedua menuju ke karburator sedangkan slang ketiga menuju ke intake manifold.

“Slang yang menuju ke intake manifold ini harus benar-benar rapat karena disitu nanti akan terhubung dengan kevakuman yang ada di ruang bakar selanjutnya kevakuman tersebut berfungsi untuk membuka kran untuk mengalirkan bahan bakar menuju ke karburator,”terang Lutfi.

Untuk mengecek kondisi kran vakum kita bisa melepas slang yang menuju ke intake manifold ini selanjutnya kita sedot dengan mulut kita, jika bahan bakar bisa mengalir berarti kondisi kran vakum masih bagus, tapi jika bahan  bakar tidak bisa mengalir berarti waktunya kran vakum diganti. ml