Muncul Kedipan MIL 52 Pada Motor Honda, Cek Bagian Ini

motoline.id – Era motor injeksi sudah kita jalani, permasalahan yang muncul pada motor tentunya juga semakin beragam. Teknologi yang ada di motor injeksi tentu saja semakin memudahkan kita untuk melakukan perawatan dan perbaikan jika mengalami kerusakan.

Seperti yang dialami oleh Taufik salah seorang pengajar di Kabupaten Semarang ini, motor Honda BeAT nya tiba-tiba berhenti saat dipakai melaju dengan kecepatan diatas 40 km. Selanjutnya muncul kedipan MIL di dasbord 5 kali panjang dan 2 kali pendek.

Baca juga : Ini yang harus dilakukan saat terkena air aki

Dari kedipan MIL tersebut dapat dibaca 52 yang menunjukkan ada permasalahan di CKP sensornya. “Jika muncul kedipan MIL 52 yang menunjukkan ada permasalahan disekitar sistem pengapian atau pada bagian sensornya,”beber Siswoyo dari Ahass Abadi Motor.

Langsung saja lakukan pengecekan pada sistem pengapiannya, mulai dari bagian busi. Pastikan busi masih dalam keadaan bagus dengan celah busi yang masih standar. “Celah busi yang standar memiliki kerenggangan 0,8 mm, pastikan masih dalam kondisi baik,”beber mekanik ramah ini.

Busi cek kerenggangannya, standar 0,8 mm

Jika busi tidak ada masalah, berikutnya lakukan pengecekan pada bagian koil. Bagian ini jika sudah mengalami kerusakan biasanya akan mengalami gejala motor mati mendadak. “Untuk melakukan pengecekan pada bagian koil kita membutuhkan alat ukur yang bisa membaca kondisi koil yang sudah mengalami kerusakan,”bebernya.

Cek koil

Yang terakhir, ini yang biasa dialami oleh pemilik motor Honda BeAT yang eSP, Penyebab motor mati mendadak dan muncul kode MIL 52 karena terjadi konslet pada kabel yang menuju sensor CKP.

Kabel tergores yang menyebabkan konslet

Kabel sensor tersebut terletak di bawah trotthle body dan di samping box filter udara, “Biasanya kabel tersebut tergores dan terhubung dengan mesin sehingga terjadi konslet,”terang pria berkumis tebal ini.

Baca juga : Hati-hati saat naik motor matik di jalan menanjak kenapa

Untuk mengatasinya kita harus melepas bagian bagasi terlebih dahulu untuk memudahkan menyambung atau menutup dengan isolasi. Cari kabel yang tergores selanjutnya tutup dengan isolasi yang rapat sehingga tidak bisa terhubung lagi dengan bodi yang menyebabkan konslet. ml