Motor Susah Start Bisa jadi Ini Penyebabnya

motoline.id – Saat pagi hari dimana kita sudah siap untuk berangkat sekolah atau kerja tiba-tiba motor yang kita kendarai susah untuk di starter. Menjengkelkan bukan, tentunya tidak mengenakkan dan merugikan kita semua. Berangkat sekolah atau kerja jadi terlambat dampaknya akan dimarahi guru atau pimpinan kita.

Kejadian diatas tentu sudah pernah kita alami bersama, motor yang jarang kita rawat akan menjadi rewel dan susah untuk di starter. Sebenarnya apa penyebabnya sehingga motor susah untuk di start?

“Banyak penyebab yang mengakibatkan motor susah untuk di start, tentunya pertama kita harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Tapi ada beberapa poin yang bisa kita periksa pertama kali sebagai analisa kerusakan,”beber Siswoyo dari Ahass Abadi motor Ambarawa, Jawa Tengah.

Menurut pria ramah ini syarat mesin motor hidup dan mudah di starter ada tiga yaitu  bahan bakar, pengapian dan kompresi. Jika tiga komponen pada motor ini sudah ada tentunya mesin akan bisa hidup.

“Bahan bakar bisa kita cek di tangki bahan bakarnya masih ada atau sudah habis, jika sudah habis tentunya kita tinggal mengisinya,”terangnya.

Yang kedua untuk mengecek pengapian kita  bisa melepas busi selanjutnya kita starter dan lihat apakah ada percikan bunga api, dari pemeriksaan tersebut akan ketahuan kondisi busi masih bagus atau sudah mati.

“Yang ketiga jika keduanya tidak ada masalah kita bisa lanjut memeriksa tekanan kompresi, cara pemeriksaannya setelah busi terlepas kita tutup lobang busi yang ada di kepala silinder dengan kain, disitu kita bisa merasakan tekanan kompresinya,”tutup pria berkumis ini.

nah, bagaimana dengan kondisi motor kita apakah sudah kita periksa tiga bagaian tersebut ? ml