Ini Yang Harus Dilakukan Saat Terkena Air Aki

motoline.id – Aki atau baterai dalam sebuah kendaraan bermotor memegang peranan yang cukup vital. Aki berfungsi sebanyaponen kelistrikan yang lain.

Aki juga butuh perawatan karena ada beberapa type aki yang harus selalu di cek kondisi cairan elektrolitnya. Dalam melaksanakan perawatan aki khususnya berkaitan dengan cairan elektrolit kita harus benar-benar hati-hati.

Karena cairan elektrolit merupakan cairan yang keras dan berbahaya jika sampai terkena kulit atau mata kita. “Kita perlu hati-hati dalam melakukan perawatan aki khususnya yang terkait dengan cairan elektrolitnya, jangan sampai terkena cairan tersebut,”buka Awaludin dari Astra Motor Training centre (AMTC).

Nah, jika sampai terkena kulit atau bagian lain pada sepeda motor ada beberapa langkah penanganan yang harus kita lakukan untuk penanganan pertama.

Jika terkena mata cuci mata dengan banyak air bersih selama minimal 15 menit. Kemudian disarankan untuk segera kunjungi dokter mata. Jika sampai masuk ke dalam mulut atau tertelan, segera kumur dengan air minum berulang kali.

Lalu, minum banyak air minum dan tentunya kunjungi dokter segera untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Yang ketiga, jika bersentuhan dengan kulit atau kendaraan yang harus segera kita lakukan adalah bilas dengan banyak air. “Kemudian, cuci kulit atau kendaraan dengan sabun atau deterjen sampai benar-benar bersih,”tutup Awaludin mantap. ml