Hati-Hati Saat Naik Motor Matik Di Jalan Menanjak, Kenapa?

motoline.id – Banyak keluhan yang masuk ke Ahass Istana Jaya Abadi yang ada di Ambarawa, dimana rata-rata keluhan yang masuk ke Ahass tersebut didominasi kerusakan pada Kopling sentrifugal yang ada di driven pully pada motor matik.

Keluhan yang masuk terkait dengan Kopling sentrifugal yaitu kampas kopling sentrifugal yang terbakar.

“Banyak sekali pasien yang masuk ke bengkel kita mengeluhkan kampas kopling sentrifugal yang sudah terbakar sehingga putaran mesin menjadi ngelos, “beber Siswoyo Hadi kepala bengkel di Ahass Istana Jaya Abadi,  Ambarawa,  Jawa Tengah.

Analisa yang menyebabkan kampas kopling terbakar tersebut karena memang medan jalanan di Ambarawa naik turun.

“Naik turun jalanan yang ada di Ambarawa ini yang menyebabkan kopling menjadi panas,  apalagi saat dipakai menanjak dengan beban boncengan dan kena macet, “sambung Siswoyo.

Saat lebaran atau saat liburan dimana jalan Ambarawa menuju Gedong songo sudah dipastikan macet,  ini penyebab utama kampas kopling menjadi terbakar.

Gejala awal saat kampas kopling terbakar bisa kita lihat adanya asap putih yang keluar dari ruang CVT.

Antisipasinya saat kita terjebak di jalanan menanjak dengan mengendarai motor matik, jika keluar asap dari ruang CVT kita harus berhenti dulu untuk mendinginkan kopling sentrifugal.

“Jika sudah keluar asap dari ruang CVT jangan dipaksakan, dianjurkan untuk berhenti sejenak untuk mendinginkan kampas kopling yang panas tadi, ” tutup pria berkumis tebal ini. ml