Baru Pensiun Dari MotoGP, Lorenzo Pengen Balik Lagi, Sebagai Apa?

motoline. id – Setelah sebelumnya Jorge Lorenzo mengumumkan pensiun dari MotoGP, menjelang berakhirnya tahun 2019 Lorenzo kembali mengejutkan dengan pernyataannya yang ingin kembali ke MotoGP.

Lorenzo dikait-kaitkan dengan Yamaha sebagai pembalap penguji disana.
Catatan Lorenzo bersama Yamaha memang terbilang cukup gemilang, dengan tiga gelar juara dunia kelas utama dan 44 kemenangan MotoGP dalam sembilan tahun.

Pembalap Spanyol ini dirasa sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi pembalap penguji Yamaha, apalagi direktur pelaksana Yamaha Racing Lin Jarvis memberikan lampu hijau terkait rencana kelompok uji untuk 2020.

Saat ini para pembalap penguji Yamaha Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane sedang bersiap untuk tes di Jepang dan di trek Grand Prix di Eropa. Jika ditambah dengan adanya Lorenzo mulai tahun 2020, akan semakin memberikan kekuatan di paddock sebagai penguji.

“Aku akan bilang tunggu saja, kita akan melihat-lihat dan kita akan lihat. Kami membutuhkan pengendara yang cepat. Kami membutuhkan seseorang yang dapat memberi kami umpan balik yang akurat yang dapat menjembatani kesenjangan antara kelompok pengujian Jepang dan tingkat berikutnya”beber Jarvis.

Jarvis juga menjelaskan alasan di balik perubahan program uji Yamaha untuk tahun 2020 dengan dasar-dasar pada umpan balik yang berbeda antara tim uji yang berbasis di Eropa dan operasi yang berbasis di Jepang.

“Tahun depan adalah tahun yang sangat penting bagi kami untuk mengembangkan teknologi tertentu, terutama di mesin,” jelas Jarvis.
Yamaha memburu vital top speed dan traction gain yang di tahun lalu masih menjadi kendala utama.

Salah satu masalah yang temukan tahun lalu adalah cara melakukan pengujian di Eropa berbeda dengan cara pengujian di Jepang.

“Jadi, sulit untuk membandingkan informasi yang sama, umpan balik dan interpretasi yang sama karena Anda memiliki cara kerja yang berbeda,”tegasnya.

Yamaha memutuskan untuk menggunakan tim uji yang sama, mereka akan melakukan pengujian di Jepang dan juga Eropa. Ini adalah tim penguji yang akan melakukan perjalanan ke sirkuit Eropa dan juga bekerja di sirkuit di Jepang.

Menyusul pengumuman Lorenzo bahwa ia akan pensiun dari balapan, Jarvis memberikan penghormatan kepada mantan pembalapnya dan memberikan kenangan indah dengan pembalap Spanyol itu mengamankan gelar juara dunia MotoGP terbaru Yamaha (2010, 2012 dan 2015).

“Jelas kami memiliki hubungan yang sangat istimewa dengan Jorge karena kami bersama selama sembilan tahun, yang luar biasa, sangat tidak lazim bagi saya untuk merek yang memiliki sembilan tahun kontrak tanpa gangguan dengan pengendara,” katanya.

Jika Lorenzo akan kembali ke Yamaha sebagai pembalap penguji, itu akan menjadikan HRC selama dua tahun berturut-turut ditinggalkan oleh pembalapnya.

Dan mereka menjadi pengendara uji coba di pabrikan saingan di MotoGP setelah kepindahan Dani Pedrosa ke KTM musim dingin lalu.

Kita tunggu saja kiprah Lorenzo selanjutnya. ml

Leave a Reply

Your email address will not be published.