motoline.id – Di tengah spekulasi mengenai masa depan Pierer Mobility dan dampaknya terhadap aktivitas balap, KTM tetap berpartisipasi di MotoGP. KTM mengonfirmasi bahwa tim uji mereka akan kembali ke trek dalam tes privat yang dijadwalkan berlangsung Desember ini di Jerez.
Tes ini akan dilakukan secara tertutup, dengan sedikit informasi yang diberikan mengenai kehadiran dua pembalap pengembang, Dani Pedrosa dan Pol Espargaro. MotoGP memberlakukan larangan tes musim dingin bagi pembalap penuh waktu dari 1 Desember hingga 31 Januari, namun pembalap pengembang diperbolehkan mengadakan uji coba selama periode ini.
Dampak Restrukturisasi Finansial
Sementara itu, KTM Racing GmbH dipastikan tidak terlibat dalam proses restrukturisasi yudisial yang dijalankan oleh KTM AG akibat utang besar, dilaporkan mencapai €3 miliar, di tingkat perusahaan induk Pierer Industries AG.
Meski demikian, kegiatan balap Pierer Mobility Group, termasuk proyek MotoGP yang menjadi ajang paling bergengsi dan mahal, tidak luput dari dampak finansial. Hubert Trunkenpolz, Wakil Ketua Pierer Group, dan Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer, sebelumnya menegaskan bahwa KTM tetap akan berlaga di MotoGP hingga setidaknya dua tahun mendatang sesuai kontrak dengan Dorna Sports.
“Kami melihat olahraga sebagai alat pemasaran terpenting untuk merek KTM,” ujar Trunkenpolz. Beirer menambahkan bahwa penghematan akan dilakukan secara efisien tanpa mengorbankan performa pembalap di lintasan.
Susunan Pembalap Terkuat KTM
KTM telah mengonfirmasi susunan pembalap yang dianggap terkuat sejak debut mereka di kelas utama pada 2017. Tim pabrikan akan diperkuat Brad Binder dan Pedro Acosta, sementara Tech3, tim satelit KTM yang didukung Red Bull, akan menampilkan Maverick Vinales dan Enea Bastianini.
Meski tidak memenangkan balapan pada musim 2023, KTM berhasil finis kedua di klasemen konstruktor, menunjukkan potensi besar menghadapi musim 2024.
Tantangan Jangka Panjang
Dalam jangka pendek, KTM diuntungkan oleh pembekuan teknis di Moto3 dan MotoGP, dengan desain mesin kelas utama dibekukan hingga akhir musim 2026. Namun, tantangan besar menanti pada 2027 dengan regulasi baru yang memperkenalkan mesin 850cc.
Komitmen KTM untuk tetap bersaing di MotoGP menunjukkan tekad mereka menjaga posisi sebagai salah satu tim elit, meski menghadapi tekanan finansial yang signifikan.