motolineid.com – Pada pengumuman akuisisi MotoGP oleh Liberty Media, pertumbuhan dan ekspansi menjadi topik utama yang disorot.
“Carmelo dan tim manajemennya telah membangun sebuah spektakel olahraga yang luar biasa yang dapat kami kembangkan untuk penonton global yang lebih luas,” kata Greg Maffei, Presiden dan CEO Liberty Media. “Kami bermaksud untuk mengembangkan olahraga ini bagi penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan para pemegang saham kami.”
CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menambahkan: “Kami tidak bisa berharap untuk mendapatkan mitra yang lebih baik untuk memperluas basis penggemar MotoGP di seluruh dunia.”
Literatur presentasi yang menyertai pengambilalihan tersebut juga menggambarkan MotoGP sebagai sesuatu yang memiliki “kesempatan signifikan untuk berkembang, terutama di pasar yang belum terjamah”.
Jadi bagaimana tepatnya Liberty berencana mencapai pertumbuhan tersebut?
Jawabannya datang dengan judul ‘Liberty Partnership to Accelerate MotoGP Growth’ yang mendetailkan enam langkah berikut:
- Memanfaatkan Kemampuan Liberty dalam Membangun Aset Olahraga Global Terkemuka
- Peluang Ekspansi Terutama di Pasar Pertumbuhan Utama termasuk AS
- Memperkuat Dukungan Pemasaran dan Kemampuan Narasi
- Memperluas Jangkauan dan Daya Tarik MotoGP untuk Mendorong Persaingan dan Meningkatkan Kemitraan Komersial
- Memperkenalkan Olahraga ke Basis Penggemar yang Lebih Luas dan Meningkatkan Nilai Seluruh Ekosistem
- Meningkatkan Pengalaman Hospitality dan Pengalaman Penggemar
Mengenai basis penggemar MotoGP saat ini, dalam bagian ‘Meeting the MotoGP Fan’, data berikut diberikan, bersumber dari survei Penggemar MotoGP Global 2022.
Penggemar wanita dan mereka di bawah 24 tahun disebut sebagai ‘segmen pertumbuhan’, dengan penggemar muda ‘lebih mungkin mengikuti pembalap tertentu’.
Kedua kelompok tersebut ‘berperilaku berbeda’ dari ‘penggemar Warisan’, yang dijelaskan sebagai ‘penggemar yang mengutamakan olahraga’ dan mendukung ‘beberapa tim dan pembalap’.
- Penggemar yang Sangat Terlibat dan Setia
• 92% penggemar mengidentifikasi diri sebagai pengikut “setia”
• 82% telah mengikuti olahraga selama 6+ tahun
• 82% penggemar menonton lebih dari 75% dari semua balapan
- Peserta Balapan yang Setia
• 40% dari penggemar MotoGP telah menghadiri balapan langsung dalam 5 tahun terakhir
• 24% telah bepergian ke GP non-rumah
- Penggemar Warisan Mayoritas “Mengutamakan Olahraga”
• 77% penggemar mendukung beberapa tim dan pembalap
• Fitur paling penting dari olahraga menurut penggemar:
o Balapan yang mendebarkan
o Pemanjangan / aksi di lintasan
o Persaingan yang ketat
o Pembalap paling berbakat
o Produsen terkemuka
o Mesin tercepat
- Segmen Pertumbuhan Berperilaku Berbeda Dari Penggemar Warisan
• 1/3 dari penggemar wanita mengikuti olahraga kurang dari 5 tahun dan cenderung lebih muda
Dengan rencana ambisius ini, Liberty Media berharap dapat membawa MotoGP ke level global yang lebih tinggi dan menyajikannya kepada penggemar di seluruh dunia dengan cara yang lebih luas dan mendalam.