motolineid.com – Musim balap MotoGP 2024 tampaknya akan menjadi pertaruhan yang menarik dengan perubahan signifikan yang terjadi di berbagai tim pabrikan. Tes MotoGP Sepang baru-baru ini telah menjadi panggung bagi inovasi dan perbaikan yang menarik dari setiap peserta. Mari kita lihat apa yang telah terjadi di garis start terdepan dunia MotoGP:
Ducati: Berjuang melawan “Bencana”
Ducati datang ke tes dengan tujuan jelas: memperbaiki masalah pengereman yang telah membuat GP23 dianggap sebagai “bencana” oleh Enea Bastianini. Dengan mesin baru dan penyesuaian pada penyaluran tenaga, reaksi awal dari Francesco Bagnaia menunjukkan potensi besar dalam hal pengereman. Selain itu, Ducati ’24 juga menampilkan desain aerodinamis yang berbeda dengan fairing samping baru yang menjadi perbedaan utama. Meskipun ada keluhan awal dari Jorge Martin, Bastianini dan Bagnaia kemudian memberikan pujian terhadap perubahan tersebut.
KTM: Langkah Signifikan dengan Sasis Serat Karbon
KTM membuat langkah besar dengan keputusan penggunaan sasis serat karbon yang signifikan. Tim Tech3 GASGAS juga bergabung dalam langkah ini. Pencarian knalpot yang sempurna juga membuat mereka melakukan pembaruan pada kedua knalpot mereka. Terlebih lagi, penambahan aero yang mencolok menarik perhatian, menurut Jack Miller.
Aprilia: Inovasi Penting dan Perbedaan yang Nyata
Aprilia menarik perhatian dengan beberapa inovasi penting, termasuk perombakan besar-besaran pada aerodinamikanya. Aleix Espargaro menyambut positif perubahan ini meskipun mengakui bahwa motor menjadi lebih berat dan fisik. Namun, dia percaya bahwa potensi motor ini tinggi.
Yamaha: Tantangan dalam Meningkatkan Putaran Cepat
Yamaha memperkenalkan mesin baru untuk meningkatkan penyaluran tenaga yang lebih halus, tetapi masalah masih muncul dalam melakukan satu putaran cepat. Fabio Quartararo mencatatkan kecepatan tertinggi yang mengesankan, tetapi dia juga menyadari bahwa kemampuan pengereman masih menjadi masalah yang perlu diperbaiki.
Honda: Memperbaiki Masalah Cengkeraman Belakang
Honda berfokus pada perbaikan motor, terutama masalah cengkeraman belakang yang belum terselesaikan. Dengan pengenalan swingarm aluminium dan paket aero yang berbeda, Honda berusaha untuk menemukan solusi yang sesuai. Luca Marini berpendapat bahwa meskipun motor ini lebih cepat, kendali menjadi lebih sulit karena tenaga yang lebih besar.
Tes MotoGP Sepang telah memberikan gambaran yang menarik tentang persaingan yang akan datang dalam musim balap MotoGP 2024. Dengan setiap pabrikan berjuang untuk menemukan keunggulan kompetitif mereka, dapat dipastikan bahwa kita akan menyaksikan balapan yang mendebarkan dan tidak terduga di lintasan. Semua mata tertuju pada pertarungan sengit di lapangan MotoGP.