motolineid.com – Kekurangan RX King harus kita ketahui terlebih dahulu sebelum kita membeli motor yang mendapatkan julukan motor jambret ini . Motor sport Yamaha yang di produksi 40 tahun yang lalu ini memang menjadi idola di masanya, kelahiran 80 – 90an pasti mempunyai kenangan tersendiri dengan motor ini.
Yamaha RX King mengusung sebuah mesin bertipe 2 langkah yang menggunakan volume silinder 132cc. Dilengkapi sistem pendingin air cooled dengan perbandingan kompresi 6,9:1 disertai karburator VM 26 x 1 MIKUNI. Dengan mesin tersebut motor akan bisa berlari dengan kencang di jalan raya.
Yamaha RX King ini mempunyai desain yang simpel dan nyaman untuk dikendarai karena memang desainnya lebih ke motor turing dibandingkan dengan motor sport.
Meski begitu, ternyata Yamaha RX King juga memiliki beberapa kekurangan yang harus diketahui oleh calon pemiliknya. Ada beberapa kekurang RX King yang perlu kita ketahui diantaranya:
1. Bunyi Knalpot
Salah satu yang menjadi kekuarangan Yamaha RX King adalah bunyi knalpotnya, pasalnya bunyi knalpot yang dihasilkan Yamaha RX King terbilang nyaring dan tajam. Suara nyaring khas motor 2 tak tentunya menjadi kebanggaan tersendiri tapi kadang hal tersebut cukup mengganggu orang lain saat melaju di jalanan.
2. Boros Bahan Bakar
Semua pasti sepakat dengan konsumsi bahan bakar RX King yang cukup boros, tentunya hal tersebut akan menjadi masalah tersendiri saat dipakai untuk motor harian.
Menurut perhitungan, rata-rata konsumsi RX King berkisar antara 25-27 km / liter tentunya ini cukup boros jika dibandingkan dengan motor-motor sekarang yang sudah mengaplikasi teknologi injeksi.
3. Pompa Oli
Karena rata-rata motor RX King sudah berumur tentunya kemampuan pompa oli sudah berkurang disebabkan oleh sumbatan-sumbatan atau memang sudah termakan usia. Jika hal tersebut dibiarkan maka akan berakibat fatal karena memang fungsi pompa oli di motor 2 tak cukup penting untuk menyalurkan oli pelumas ke komponen-komponen mesin.
Untuk itu lakukan pemeriksaan secara berkala terhadap komponen pompa oli ini agar kinerja pelumasan bisa berlangsung dengan sempurna.
Spesifikasi Mesin Motor Yamaha RX-King Sebagai Berikut:
1. Mesin
· Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
· Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
· Volume Silinder : 132 cc
· Perandingan Kompresi : 6,9 : 1
· Kopling : Manual, Basah, Multiplat
· Susunan Silinder : Satu/Miring
· Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
· Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
· Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
· Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
· Baterai : GM 3-3B/12,3
· Busi : BP 8HS-10
· Sistem Pengapian : CDI
· Sistem Pelumas : Autolube
2. Suspensi/Ban
· Suspensi Depan : Teleskopik
· Suspensi Belakang : Swing Arm
· Ukuran Ban Depan : 2.75-18-4 PR
· Ukuran Ban Belakang : 3.00-18-4 PR
3. Chassis
· Berat Kosong : 100 kg
· Tipe Rangka : Double Cradle
· Kapasitas Tangki : 9,5 Liter
· Jarak Sumbu Roda : 1245 mm
· Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm
· Jarak Tempat Duduk : 770
4. Performa
· Dimensi PxLxT : 1970 x 735 x 1065 mm
· Sistem Starter : Kick
· Daya Maksimum : 18,5 PS/9.000 RPM
· Torsi Maksimum : 1.54 KGF.M/8.000 RPM
5. Sistem Pengereman
· Rem Depan : Cakram Double Piston
· Rem Belakang RX King : Tromol